Saya ingin membahasa bagaimana cara membuat campaign marketing, bagaimana sih cara kita mendesain produk bahkan mendesain layanan atau service dengan berdasarkan buyer personal.
Sekali lagi teman teman ketika sudah memahami atau mendesain buyer pesona, maka kemudian itu akan menjadi rujukan utama ketika kita hendak membuat campaign marketing. Nah, saat ini adalah kita mendesain bagaimana cara mentigger customer kita itu yang bikin konten. Karena apa? Karena konten konten mereka itulah yang akan menjadi senjata paling ampuh untuk bisa mempengaruhi customer atau teman teman mereka.
Jadi konsepnya adalah kalau kita nggak ada sesuatu yang wow, maka orang enggak akan pernah menceritakannya. Maka dari sini kita harus memahami buyer personal kita apa dan kira kira produk layanan campaign marketing apa yang membuat customer kita itu merasa wow ini sesuatu yang layak untuk diceritakan atau layak untuk di-story-kan.
Jadi kalau dulu word of mouth atau dari mulut ke mulut itu betul betul dari mulut ke mulut. Nah sekarang ini jauh lebih besar lagi yaitu dari postingan ke postingan dari akun ke akun, itu exposure nya itu jauh lebih luar biasa. Maka teman teman dengan memahami buyer persona tadi bikin sesuatu menarik untuk mereka. Karena kalau sesuatu itu di tengah tengah sesuatu biasa aja. Kalau sesuatu baik baik saja, maka orang enggak terlalu tertarik untuk menceritakan. maka Anda harus membikin variabel Wow harus ada di salah satu dari entah itu marketing anda, entah itu produk anda, entah itu pelayan anda, karena sesuatu yang wow itu yang membuat orang itu membuat kontennya atau memperbincangkannya .
Nah teman teman prinsipnya ketika kita bikin suatu WOW maka ambil sesuatu yang di atas atau di bawah sekalian, contohnya Karen Dinners, Nah mereka itu membangun experience yang dibawah, maka teman teman juga bisa menggunakan opsi bagaimana membangun experience yang di atas. Jangan di tengah tengah.
Jadi kalau bakso anda, soto anda, fashion anda, apapun produk dan layanan yang anda jual itu biasa-biasa saja, sama dengan yang lainnya, maka orang gak akan tertarik untuk kemudian menceritakannya.
Teman teman sesuatu yang wow ini menarik orang untuk teringat. Jadi ada 2 tujuan yang pertama bikin sesuatu yang memorable, yang diingat. Kedua bagaimana mereka itu menjadi promotor kita secara tanpa sadar. Karena mereka yang membuat ngonten.
Jadi teman teman di sini harus berpikir nih, kira kira produk apa yang wow yang bisa kita berikan kepada customer kita? Atau kira kira pelayanan yang seperti apa ya, yang bisa kita berikan kepada customer kita? Atau juga mungkin ya konsep konsep marketing apa, campaign-campaign apa yang wow, yang menarik untuk customer kita?
Sekali lagi pastikan minimal ada satu variabel yang wow di dalam bisnis anda. Banyak hal yang anda bisa mainkan, ukuran, warna macam macam. Banyak hal yang bisa Anda berikan. Teman teman harus melatih daya kreativitasnya untuk bisa menemukan faktor wow di dalam bisnis anda.
Leave a Reply